Bahan alami untuk menghilangkan komedo

Komedo adalah hal yang umum dan sering terjadi baik kepada laki-laki maupun perempuan. Tumbuhnya komedo pada kulit dianggap sebagai pertanda awal seseorang memiliki jerawat. Jika folikel rambut melebar dan dipenuhi oleh baktri, sisa-sisa kulit yang mati dan minyak sabun berkumpul, maka munculah komedo. 

Kulit yang telah membentuk komedo akan mengenmbang dan juga akan membentuk titik-titik penyumbatan yang berwarna kehitam-hitaman. Namun tidak semua penyumbat komedo berwarna hitam, ada juga komedo jenis lain yaitu komedo terbuka. Komedo terbuka ini bisa pecah dan mengakibatkan kulit disekitarnya mengalami inflamasi ringan. Anda tidak perlu khawatir jika memiliki komedo, ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan solusi tepat untuk membersihkanya. 

1. Putih telur 


Menghilangkan komedo juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari putih telur. Ambil 2 butir telur mentah, kemudian putih dari kuningnya. Oleskan putih telur tipis-tip pada bagian yang berkomedo, biarkan hingga mengering selama 2 menit. Setelah kering oleskan kembali putih telur ke bagian yang sama dengan yang dioles sebelumnya. 

Biarkan hingga mengering selama 10-15 menit kemudian basuhlah menggunakan air hangat jika masker tersebut sudah terasa halus dan kulit yang diolesi masker terasa lebih kencang. Putih telur berfungsi untuk membantu mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran didalamnya sehingga kulit akan terasa halus. 

2. Madu dan kayu manis 

Campurkan setengan satu sendok teh kayu manis dan satu sendok makan madu. Anda bisa memakai jari untuk mengoleskan tersebut ke bagian yang berkomedo. Gosok kulit yang berkomedo selama 3 menit dengan gerakan melingkar, kemudian bilas menggunakan air hangat. 

3. Lemon dan garam 


Campurkan jus lemon dengan satu sendok makan yoghurt, satu sendok makan garam, dan sedikit madu. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok bagian yang berkomedo. Lakukan penggosokan semala 3-4 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lemon sudah terkenal dari dulu sebagai pembersih yang baik. Karena campuran garam ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang tependam pada pori-pori. 

4. Teh hijau 

Campurkan bubuk teh hijau dengan air secukupnya, kumudian gosokan pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama 2-3 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Teh hijau dalam hal ini selain untuk membantu menghilangkan kotoran pada pori-pori, dan juga untuk memberikan perlindungan pada kulit melalui antioksidan yang dimilikinya. 

5. Soda kue 

Campurkan doda kue dengan air sampai membentuk adonan, kemudian goskan dengan lembut pada bagian yang berkomedo. Jika gangguan komedo sudah parah gunakan adonan ini lebih banyak lagi. Diamkan menempel pada kulit selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kue soda ini berfungsi untuk membaersihkan kulit alami karena butir-butir halus yang terdapat pada soda kue dapat membantu menghapus sel-sel kulit mati. 

0 comments:

Post a Comment

My Instagram