NICU dan Peralatan Yang Ada di Dalamnya

Pernahkah anda berkunjung ke rumah sakit ? Disana tentu anda akan melihat berbagai macam ruangan. Salah satu diantara banyak ruang di rumah sakit yaitu ruang NICU. NICU merupakan singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit. Yaitu sebuah ruang yang digunakan untuk perawatan khusus bayi yang baru lahir dengan kondisi membutuhkan perawatan super ketat. Biasanya bayi yang masuk di ruangan ini adalah bayi yang mengalami kelahiran prematur. 


Karena tugas dan fungsi ruangan ini cukup vital. Di dalam ruangan NICU tersebut dilengkapi dengan berbagai macam peralatan medis canggih baik secara khusus untuk infat ataupun secara umum yang digunakan untuk semua pasien. Berikut ini ada beberapa macam alat kesehatan khusus yang terdapat dalam ruangan ini :

1. Inkubator Bayi

Inkubator bayi merupakan alat berbentuk box yang terbuat dari kaca dengan berbagai macam peralatan di dalamnya untuk merawat dan membesarkan bayi prematur. Layaknya rahim seorang ibu, alat ini didesain sedemikian rupa sehingga suhu, kelembaban dan juga kebutuhan bayi dapat terpenuhi. Bahkan kita bisa memantau perkembangannya dari layar pantau. Alat ini harus ada di NICU rumah sakit atau klinik untuk perawatan bayi – bayi dengan kondisi seperti ini.

2. Baby Warmer

Seperti namanya, baby warmer digunakan untuk mengatasi (terapi) bayi dengan kondisi “kedinginan”. Bebrapa permasalahan yang sering kali didapatkan oleh bayi prematur yaitu masalah hipotermia atau kondisi dimana bayi mengalami kedinginan, karena suhu tubuhnya belum mampu beradaptasi dengan lingkungan. Oleh karena itu, sebelum masuk ke kamar rawat biasa, bayi ini diterapi dengan penghangat.

3. Monitor Pasien

Seperti halnya di ruang perawatan intensif lainnya di ruang NICU juga terdapat alat monitor pasien. Yaitu sebuah alat digital monitor yang digunakan untuk memantau beberapa parameter kesehatan secara ral time. Dengan alat tersebut, apabila terdapat penurunan kesehatan akan dapat dideteksi pada saat itu juga. Sehingga proses penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

0 comments:

Post a Comment

My Instagram